JAm Sekarang

Senin, 21 Maret 2011

Budidaya Penggemukan Sapi potong

Penggemukan Sapi Potong
    keberhasilan usaha penggemukan sapi potong, di awali dengan pemilihan bakalan sapi yang akan digemukan.  Terdapat beberapa jenis sapi yang biasa dipiliha sebagai bakalan, yaitu:
    Sapi Bali

    Sapi jenis ini memiliki ciri kulit berwarna merah dengan kaki dari lutut ke bawah dan pada pantat berwarna putih, punggungnya bergaris warna hitam.  Sapi jenis ini memiliki keunggulan dalam beradaptasi yang baik dengan lingkungan yang baru.
    Sapi Ongole

    Sapi jenis ini memiliki ciri kulit berwarna putih dengan warna hitam di beberapa bagian tubuh, bergelambir dan berpunuk, dan daya adaptasinya baik. Jenis ini telah disilangkan dengan sapi Madura, keturunannya disebut Peranakan Ongole (PO) cirinya sama dengan sapi Ongole tetapi kemampuan produksinya lebih rendah.
    Sapi Brahman

    Sapi jenis ini memiliki ciri kulit berwarna coklat hingga coklat tua, dengan warna putih pada bagian kepala. Daya pertumbuhannya cepat, sehingga menjadi primadona sapi potong di Indonesia.
    Sapi Madura

    Sapi jenis ini memiliki ciri kulit berwarna kuning hingga merah bata, dan sebagian terdapat warna putih pada moncong, ekor dan kaki bawah, berpunuk, pertambahan berat badan renda
    h
    Sapi Limousin

    Sapi jenis ini memiliki ciri kulit berwarna hitam bervariasi dengan warna merah bata dan putih, terdapat warna putih pada moncong kepalanya, tubuh berukuran besar dan mempunyai tingkat produksi yang baik
    Pemeliharaan sapi sistem kereman, bila dilakukan sesuai anjuran akan memberikan manfaat ekenomi yang besarnya. Pemeliharaan sapi kereman yang baik selain menghasilkan daging yang bermutu tinggi juga menghasilakan pupuk yang dapat dipergunakan untuk memperbaiki kesuburan tanah. Pencagahan terhadap penyakit dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

klik disini

klik di sini

klik here